Teknik Memegang Stik Dan Memukul Bola Dalam Permainan Softball - ITC kintiv

Menjaga Kesehatan diri dan Makanan yang di Kosumsi.

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, December 23, 2018

Teknik Memegang Stik Dan Memukul Bola Dalam Permainan Softball

Teknik Memegang Stik Dan Memukul Bola Dalam Permainan Softball

13/04/2015 adalah hari seni pada minggu ketiga di bulan April, dan hari ini adalah yang meyanangkan bagi saya. Kenapa ? karena hari ini atau tepatnya tadi sore sekitar pukul 16.00 wib adalah jadwal kami melakukan praktek Softball.

Untuk lebih jelasnya, mari sama-sama kita simak tulisan berikut ini :

Dalam permainan softball salah satu teknik dasar yang harus dikuasai seorang pemain adalah memukul bola. Untuk memukul bola di gunakan alat yang disebut dengan “stik” (tongkat pemukul).

Untuk bisa memukul bola dengan baik, seorang batter (pemukul) harus menempatkan posisi badannya menghadap “homeplate” (adalah bagian dari masing-masing home berbentuk kotak), posisi kaki di buka sedikit lebar dari bahu dan di tekuk sedikit (posisi kuda-kuda), arahkan pandangan mata ke arah “pitcher” (pelambung bola) dan bersiaplah dengan stik anda untuk memukul bola. Posisi kaki yang dekat dengan cather berguna untuk mengatur arah bola yang kita pukul.

Ada dua cara teknik memukul bola, diantaranya :
1. Pukulan “hit”

Pukulan hit juga dikenal dengan pukulan yang paling kuat dan keras. Cara memegang stik untuk pukulan hit adalah sebagai berikut :

  • Pegang ujung stik dengan yang paling lemah (jika anda adalah kidal maka penganglah dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya) disini langsung saja kita tentukan saja yaitu tangan kiri.
  • Kemudian posisi pengangan tangan kanan berada di bawah pegangan tangan kiri.
  • Letakkan posisi stik berada pada samping kepala sebelah kanan (ingat posisi memukul) posisi ini berguna agar waktu bola datang bisa langsung kita pukul dengan stik kita tanpa harus mengayunkan stik kebelakang lagi.
  • Kemudian pegang stik dengan kuat, pada saat bola datang pukul bola dengan sekuat mungkin. Usahakan bagian pinggang keatas bergerak mengikuti arah gerakan stik kita agar ada tambahan dorongan pukulan.

2. Pukulan “bunt”

Istilah pukulan bunt juga disebut Teknologi Tepat Guna dengan pukulan tipuan, karena pukulan ini hanya menggunakan sedikit tenaga yaitu hanya mendorong bola.

 Cara memegang stik untuk pukulan bunt adalah sebagai berikut :

  • Pegang ujuk stik dengan tangan yang lemah. (missal kiri)
  • Kemudian pegangan tangan yang terkuat (kanan) berada di tengah stik (badan stik). Pegangannya jangan terlalu kuat dan jangan di pegang secara penuh, cukup bisa untuk medorong stik kedepan saja.
  • Pada posisi siap, letakkan stik di dekat dada (sebelah kanan karena yang terkuat tangan kanan  begitu sebaliknya)
  • Saat bola datang, segera dorong stik anda mengenai bola.

Namun perlu diingat bahwa untuk melakukan cara ini jangan pada keadaan 2 down ( dua pemain kita telah mati/keluar) karena jika kita lakukan maka kita yang akan keluar dan habis kesempatan kita untuk mendapatkan point.


Nah cukup sekian tulisan hari ini semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Salam olah Raga.
Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages