Mengenal Dasar Olahraga Lempar Lembing Cabang Atletik - ITC kintiv

Menjaga Kesehatan diri dan Makanan yang di Kosumsi.

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, October 30, 2018

Mengenal Dasar Olahraga Lempar Lembing Cabang Atletik

Mengenal Dasar Olahraga Lempar Lembing Cabang Atletik

Mengenal Dasar Olahraga Lempar Lembing Cabang Atletik

Lempar Lembing merupakan salah satu nomor lempar yang ada dalam olahraga Atletik, Lempar lembing merupakan olahraga yang menggunakan alat yang berbentuk seperti lembing yang kemudian di lempar sejauh mungkin dengan ketentuan - kententuan yang telah di tetapkan.

Lempar Lembing terdiri dari dua kata yaitu "Lempar" dan "Lembing". Menurut KBBI lempar berarti "buang Jauh-jauh" sedangkan Lembing adalah "tombak tohok, tombak kayu yang ujungnya berlapis logam yang runcing untuk berolahraga". 

Menurut Para Ahli Lempar Lembing memiliki arti : 
  1. Lempar lembing adalah salah satu keahlian dalam melempar benda yang berbentuk lembing dengan sejauh mungkin ( Yudha M. Syaputra 2001:67 )
  2. Merupakan salah satu nomor perlombaan dalam kelompok lempar di cabang Aletik. ( Soenarjo Basoeki 2003 : 89 )

Dari pengertian 2 ahli diatas dapat disimpulkan bahwa Lempar Lembing adalah salah satu nomor perlombaan di cabang Aletik yang melemparkan benda yang berbentuk lembing sejauh mungkin.

Gbr. Lembing ( Soenarjo Basoeki, 2003: 92)
Lembing adalah benda yang terdiri dari 3 bagian yaitu: 1) Mata lembing yang terbuat dari metal. 2) Badan lembing terbuat dari metal, kayu, atau bambu. Badan lembing yang terbuat dari metal di gunakan dalam perlombaan Internasional maupun Nasional. 3) tali pegangan lembing dililitkan di titik pusat lembing.

Dalam perlombaan Lempar Lembing Nasional maupun internasional, ada beberapa teknik yang perlu di perhatikan oleh atlet. Salah satunya adalah teknik memegang Lembing, berikut ini akan di jelaskan teknik dalam memegang lembing.

Menurut Soenarjo Basoeki 2003 : 92 cara memegang lembing dengan menempatkan jari-jari tangan di bedakan menjadi 3 cara pegangan : 1) Cara Amerika. 2) Cara Finlandia. 3) Cara Tang.
  • Cara Amerika. Cara melakukannya adalah letakkan ibu jari dan jari telunjuk saling bertemu di belakang lilitan (tempat pegangan) dan jari-jari lainnya pada lembing. Lihat gambar Berikut

Pegangan Cara Amerika Soenarjo Basoeki 2003 : 97


  • Cara Finlandia. Cara melakukannya adalah ibu jari dan ruas ibu jari tengah saling bertemu di belakang tempat pegangan (lilitan) sedangkan telunjuk lurus kebelakang di bawah lembing. Lihat gambar Berikut
Pegangan Cara Finlandia Soenarjo Basoeki 2003 : 97

  • Cara menjepit atau tang. cara melakukannya adalah jari telunjuk dan jari tengah menjepit lembing  tepat di belakang tempat pegangan (lilitan). Lihat Gambar

Pegangan Cara menjepit (Tang)  Soenarjo Basoeki 2003 : 97


Demikanlah pembahasan kita tentang Lempar Lembing, semoga bisa Mengetahui Pekerjaan yang Cocok dan bermanfaat jangan lupa di koment dan share.

Referensi : Lemppar Lembing Gaya HOP.pdf (perpustakaan uns.ac.id, Judul "upaya peningkatan hasil pembelajaran lempar lembing gaya hop melalui pembelejaran dengan pendekatan bermain pada siswa kelas x 9  sma negeri 3 surakarta tahun pelajaran 2009/2010")


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages