Olah Raga Catur Tinju & Boxing - ITC kintiv

Menjaga Kesehatan diri dan Makanan yang di Kosumsi.

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, October 30, 2018

Olah Raga Catur Tinju & Boxing

Selamat datang kembali di blog-nya-Olahraga yang sederhana ini.

Kali ini di blog-nya-olahraga akan mencoba tentang olahraga yang mungkin masih sebagian orang yang mengenal nya. Olah raga itu adalah “Chessboxing” jika di artikan ke bahasa Indonesia akan menjadi “Catur Tinju”. Loh ? gimana cara mainnya kalau di gabungin kayak gitu macam gado-gado aja olah raganya.
Nah, Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini :

Di lihat dari segi cara bermainnya catur dan tinju adalah dua jenis olah raga yang sangat-sangat berbeda, catur yang hanya mengandalkan kecerdasan (otak) sedangkan tinju di butuhkan daya tahan tubuh, otot yang kuat pula.

Chessboxing pertama kali di cetuskan oleh Iepe Rubingh pria asal Belanda, yang terinspirasi dari sebuah komik tahun 1992 yang berjudul "Froid Equateur" sebuah hasil karya dari Enki Bilal asal Prancis. Dalam komik tersebut para petinju harus menyelesaikan pertarungan seluruhnya baru kemudian bermain catur, karena hal tersebut di anggap kurang praktis akhirnya Rubing mencoba untuk mengembangkan olah raga tersebut maka terciptalah chessboxing.

Dalam pertandingan  chessboxing di lakukan dalam 11 ronde, dimana ada 6 ronde untuk catur dan 5 ronde untuk tinju dan dalam satu ronde di lakukan selama 3 menit.

Pertama-tama pemain harus melakukan permainan catur terlebih dahulu selama 1 menit, kemudian  jeda 60 detik untuk memakai sarung tinju, setelah bertanding tinju selama 2 menit, istirahat lagi untuk melepas sarung tinju selama 60 detik dan begitulah seterusnya hingga selesai 11 ronde. Untuk menjadi pemenang, pemain harus memenangkan setiap babaknya baik catur maupun tinju.

Untuk menjadi pemain yang handal dalam permainan chessboxing ini, tentunya di butuhkan dua kemampuan yang mempuni yakni kekuatan otot dan kecerdasan otak.

World Chess Boxing Organitation (WCBO) merupakan badan organisasi dunia yang di dirikan di Berlin, kejuaran pertama chessboxing di lakukan di Berlin pada tahun 2003, dan kemudian pada tahun yang sama juga kejuaran dunia di lakukan di Belanda dimana pertandingan di mainkan oleh IEPE Rubingh dan Jean Louis Veenstra yang kemudian di menangkan oleh IEPE Rubingh yang merupakan Atlet Pertama yang menjuarai olah raga chessboxing tersebut pada ronde ke 11.

Untuk saat ini chessboxing telah menjadi olahraga yang cukup populer di Jerman, inggris, india, berlin, rusia, amerika serikat, dan Australia.

Nah, itulah tadi sekelumit informasi tentang chessboxing, semoga saja olahraga chessboxing ini bisa masuk ke Indonesia.

Akhirkata Wassalamualaiakum wr Wb.

Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages